google.com, pub-5388171159716165, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Indonesia Negara Asia Pertama yang tampil di Piala Dunia - LIRIK LAGU
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indonesia Negara Asia Pertama yang tampil di Piala Dunia



Bagi pera pecinta sepak bola dunia sangat menantikan pesta sepakbola terbesar seluruh dunia ini. Turnamen empat tahunan ini sudah 21 kali diselenggarakan sejak tahun 1930. Seluruh Negara –negara di Dunia sangat bersemangat dan ingin selalu ikut serta ambil bagian disetiap penyelenggaraannya.  Negara – Negara sepak bola yang berasal dari Benua Eropa mungkin  sudah sering ikut ambil bagian dalam penyelenggaraan Piala Dunia ini atau bahkan ada beberapa Negara yang Mungkin setiap penyelenggaraan Piala Dunia selalu tampil sebagai peserta.
Sangat berbeda dengan Negara-Negara  yang berasal dari Benua Asia yang jatah dan potensi untuk bisa berpartisipasi dalam penyelenggaraan Piala Dunia sangat kecil dan begitu ketat persaingan menuju putaran Final Piala Dunia. Adapun Negara – Negara Asia yang merupakan langganan Piala Dunia adalah seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Korea Utara dan beberapa Negara lainnya yang juga sudah pernah mencicipi betapa sengitnya berlaga di turnamen besar seperti Piala Dunia. Namun tahu kah para pembaca semua Negara  manakah  yang pertama sekali yang berlaga di pentas Piala Dunia yang berasal dari benua Asia.
Yang ada di benak para pembaca semua mungkin jawabannya  adalah Jepang atau Korea Selatan maupun Negara – Negara yang selalu tampil pada pergelaran Piala Dunia, tapi itu semua salah jawabnnya adalah Indonesia. Yap Indonesia merupakan Negara Asia pertama yang berlaga di Piala Dunia jauh Sebelum merdeka dari jajahan Belanda dan Jepang, Indonesia, saat itu bernama Hindia Belanda, pernah tampil di Piala Dunia 1938 yang digelar di Perancis dan menjadi tim Asia Tenggara satu-satunya yang pernah merasakan turnamen tersebut. Catatan sejarah itu juga rupanya diakui oleh federasi sepakbola dunia (FIFA).

Melalui akun twitter resminya, FIFA memposting sebuah tanya jawab melalui akun @FIFAWorldCup. Pertanyaan tersebut adalah, "Tim Asia manakah yang pertama kali tampil di Piala Dunia?." Kemudian mereka menjawab, "Hindia Belanda, yang sekarang dikenal dengan Indonesia, tampil di Piala Dunia 1938 di Prancis."  Q: Who were the first team from Asia to appear at a #WorldCup? A: The Dutch East Indies, known now as 🇮🇩Indonesia (@pssi__fai), reached the 1938 finals in 🇫🇷France #TBT 📽 👉https://t.co/wlRphQQa95 pic.twitter.com/K2T3u4Zn9w — FIFA World Cup 🏆 (@FIFAWorldCup) January 26, 2018.
Piala Dunia 1938 sendiri merupakan edisi ketiga yang digelar dari tanggal 5 Juni hingga 19 Juni 1938 di Prancis. Sebanyak 16 tim ambil bagian pada turnamen itu, dengan memakai sistem gugur. Tetapi kelolosan mereka sendiri layaknya sebuah hadiah. Asia memang diberikan jatah satu tempat di putaran final Piala Dunia saat itu, dan hanya dua tim yang memperebutkannya, sebelum kemudian Jepang mengundurkan diri.  Namun, dalam kiprahnya, Hindia Belanda harus takluk dengan skor 6-0 dari Hungaria di laga perdana yang mengakibatkan mereka langsung tereliminasi.
Namun sejak saat itu hingga sekarang Indonesia belum pernah bisa tampil lagi dalam pergelaran Piala Dunia, mudah – mudahan suatu saat nanti Indonesia bisa di pentas Piala Dunia karena merupakan suatu kebanggan tersendiri buat seluruh penikmat sepak bola dan seluruh  rakyat Indonesia.

4 komentar untuk "Indonesia Negara Asia Pertama yang tampil di Piala Dunia"

  1. Gak nyangka ya ternya indonesia negara asia pertama yg main di piala dunia

    BalasHapus
  2. iya gan semoga nanti Timnas kita kembali lagi berlaga Di Piala Dunia

    BalasHapus
  3. dicoba keberuntungannya bersama kami, menangkan uang jutaan rupiah, hanya dengan minimal deposit 10.000
    yuk bergabung segera dengan kami di dewapk^^ segera di add pin bb kami D87604A1 :* :*

    BalasHapus